Ibu

Orang berkata kasar pada orang lain. Seolah tak punya kata yang lebih baik. Seolah dilahirkan tak melalui ibu. Tak mengerti sakitnya.

Kau seorang ibu? Masih memiliki ibu? Bagiku, ibu seorang ekonom hebat. Sering kerontang uang tapi tetap berusaha keras menyiapkan sarapan.

Masalah tak selesai begitu ayah pergi kerja dan anak-anak bersekolah. Ibu yang bekerja di luar rumah pun masih kepikiran: mereka makan siang apa ya?

Ketika petang tiba, dan keluarga bersatu di meja makan, ibu setia berpesan: makan yang kenyang ya biar cepat besar dan tidur malammu lelap.

Ibu setia ingatkan kita pernah hidup di rahimnya. Dan, saya merasa tiada tempat berlindung lebih aman daripada perut ibu. Seolah ingin masuk lagi.

Semasa kecilku, dan kuyakin semasa kecilmu pula, setiap mendadak terbangun dari tidur malam, kita meneriakkan kata yang sama: ibuuuu!

Kini, ibuku makin sepuh. Bagaimana ibumu? Bukan waktu yang sudah lewat, tapi waktu yang masih tersisa-lah yang lebih penting. Yuk sungkem ibu..

Bukan waktu yang sudah lewat, tapi waktu yang tersisa yang lebih penting. Umur manusia ada batasnya. Yuk bahagiakan ibu di sisa hidupnya ini..

Bagaimana dengan ibu anak-anakmu? Apa kau menghormatinya? Aku banyak berbuat salah pada ibu anak-anakku. Semoga masih ada waktuku berbuat lebih baik.

Masih punya ibu? Ada pulsa? Yuk telpon atau sms ibu dan ucapkan,” Selamat pagi, Bu. Ibu sehat kan? Jangan capek-capek ya. Sungkem dari ananda.”

Tadi pagi sudah mencium ibu-nya anak-anak? Duh, kalo lupa: telpon atau sms atau bbm-in dia yuk: ” Say, maaf ya tadi lupa nyium. I love you. Have a great day..”

Di belakang seorang lelaki kuat, selalu ada perempuan hebat. Ayah bisa saja serupa menara gading, tapi jika tanpa ibu maka ia bisa runtuh.

Sebesar apa pun kesalahan ibu pada anaknya, tak ada yang membenarkan anak itu berkata kasar pada ibunya. Bisakah kau membayar jalan lahirmu?

Ya Allah, mohon ampunilah kami yang tak mengerti kasih Ibu. Mohon ampunilah ibu yang telah mengurus kami. Al Faatihah…

Bagiku, ibu adalah sosok mulia. Kemuliaan tak ternodai oleh keburukan, kealpaan, kelalaian dan kekurangan. Kemuliaan bersanding dengan kesucian.

Kata ibu,”itu anakku, yang ganteng itu, yang cantik itu, dia anak hebat!” Duh, ibu: aku kangen, anakmu rindu ibu. Tiap hari ibu melahirkan cinta.

Yuuuuk follow ibu yuuuuk… Follow ibu and her love to be a better one..

“… Mama, I didn’t mean to make you cry…” #nowplaying #Queen

Sekali saja, pernahkah kau bertanya,” Ibu pengen apa?” dan siapkah kau dengan jawabannya?

Tuhan tak menciptakan ibu untuk Adam. Dari situlah misteri bermula, dan abadi. Kita tak pernah tahu siapa yang melahirkan cinta di hati ibu.

Tak terhitung berapa ibu yang khawatir dan merindukan anaknya. Tak terkira berapa anak yang berharap ada ibu di sisinya. Mari saling mendoakan..

Makan enak? Sebut nama ibu 3x: ibu, ibu, ibu. Makan tidak enak? Atau, tidak enak makan? Boleh sebut nama ibu berapakali pun kau mau.

Kita memanggil Tuhan saat sedih dan takut. Memanggil Ibu saat sakit dan cemas. Kita memerlukan Penjaga Cinta saat yang lain tak lagi sanggup.

Menurut Quraish Shihab, kata ‘rahim’ (peranakan) seakar degan kata rahmat atau kasih. Karena yang keluar dari rahim ibu yang paling dikasihi.

Tahukah kau makna Tuhan tidak beranak dan tidak diperanakkan? Agar kita memuliakan nama Ibu setelah memuji namaNya.

Anak lupa pada ibunya, itulah durhaka. Ibu lupa pada anaknya, itulah kiamat. Ya Tuhan, lindungilah kami dalam CintaMu dan jagalah cinta kami.

Candra Malik, pengasuh Pesantren Asy-Syahadah Segoro Gunung, di lerengGunung Lawu.

Posted on Maret 18, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: